Pada sebagian anak, memang ada yang tipe pemalu sehingga seringkali tidak merasa percaya diri ketika harus berada di tengah orang banyak atau tampil di depan umum. Kepercayaan diri anak perlu dipupuk sejak dini agar ia bisa menghadapi berbagai tantangan di masa depan, selain itu agar anak dapat menjadi seseorang yang mandiri. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya sebagai berikut :

Kepercayaan Diri Pada Anak

1. Bangun Komunikasi Yang Baik

Agar anak terbiasa berbicara secara terbuka dan jujur, bangun komunikasi yang baik dengan anak. Orang tua bisa sering-sering mengajaknya bermain sambil membicarakan berbagai hal yang menyenangkan. Ajak pula ia untuk bercerita mengenai apa saja hal-hal yang ia hadapi, mulai dari hal sepele hingga yang dirasa anak merupakan sebuah masalah. Dengan cara seperti ini, anak akan terbiasa berbicara dan terbuka mengeluarkan pendapat sehingga rasa percaya dirinya dapat dibangun.

2. Dukung Anak Melakukan Sesuatu Yang Menjadi Bakatnya

Salah satu hal yang penting dan seharusnya orang tua miliki adalah kemampuan untuk mengenali bakat anak sejak dini. Masing-masing anak terlahir unik dan memiliki bakatnya sendiri. Jika anak telah menunjukkan minatnya terhadap sesuatu dan hal tersebut positif, maka peran orang tua untuk dapat mendukung dan mengembangkan bakat anak tersebut sangat perlu dilakukan. Sebuah bakat yang didukung dan diasah mampu menumbuhkan rasa percaya diri anak, terlebih jika bakat tersebut nantinya dapat menghasilkan sebuah prestasi. Hal ini tentu akan menjadi nilai lebih bagi sang buah hati.

3. Tanamkan Sikap Pantang Menyerah & Optimis

Salah satu alasan mengapa banyak orang diluar sana yang tidak merasa percaya diri terhadap dirinya sendiri adalah karena kurangnya sikap pantang menyerah dan optimis dalam diri sendiri. Oleh akrena itu, sangat penting bagi orang tua untuk dapat memberikan pembelajaran kepada anak tentang bagaimana membangun sikap optimis dan pantang menyerah. Jika sikap optimis ini telah terbangun kuat dalam diri anak, maka secara otomatis ia akan percaya diri mengahadapi apapun.

4. Ajak Anak Untuk Berinteraksi Dengan Dunia Luar

Cara lainnya untuk membangun kepercayaan diri anak ialah dengan mengenalkannya pada dunia luar, caranya bisa dengan mengajaknya berinteraksi dengan teman-teman baru yang sebaya dengan umurnya. Ajak anak untuk bermain bersama misalnya ke taman bermain khusus anak-anak. Berikan ruang kepada anak untuk menjalin pertemanan dan berkomunikasi dengan orang lain. Nilai-nilai persahabatan yang terjalin antara anak dengan temannya dapat menumbuhkan rasa percaya diri secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website