Bagi sebagian orang tua, menidurkan bayi merupakan pekerjaan yang sulit terlebih jika ia sedang rewel. Bayi memang memiliki berbagai macam karakter, ada yang mudah ditidurkan, ada yang tipe cengeng, aktif dan sebagainya sehingga dalam hal aktivitas tidur juga perlu disesuaikan dengan sifat bayi. Ada beberapa cara menidurkan bayi yang bisa dicoba, mungkin salah satunya cocok untuk bayi anda.

Cara Menidurkan Bayi

1.       Ajak Bermain Terlebih Dahulu

Untuk bayi berusia 4 bulan ke atas, ummnya sudah bisa di ajak bercanda atau bermain. Anda bisa mengajaknya bercanda terlebih dahulu menjelang jam tidur. Ketika bayi telah merasa lelah dan mengantuk, ia akan lebih cepat tertidur. Memperbanyak interaksi bersama bayi, tidak hanya akan membuat hubungan orang tua dengan bayi jadi dekat, tetapi juga dapat membangun kekuatan batin.

2.       Tanggap Sinyal Mengantuk

Sebagian ibu ada yang tidak tanggap dengan sinyal-sinyal mengantuk pada bayi sehingga aktivitas menidurkan bayi terasa melelahkan. Padahal, jika cepat tanggap atau sudah mengetahui terlebih dahulu sinyal mengantuk, maka tidak sulit untuk menidurkannya. Cobalah untuk memperhatikan bayi,apakah ia menguap, mengucek matanya, terlihat pendiam, mata sayu dan lainnya. Jika tanda-tanda tersebut sudah tampak, maka ibu dapat segera menidurkannya dengan salah satu cara misalnya menggendong bayi.

3.       Putarkan Musik. Lagu Atau Murottal

Alunan musik yang lembut dapat membuat bayi jadi lebih relax. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk memperdengarkan musik atau lagu berirama slow ketika sedang berusaha menidurkan bayi. Bagi yang muslim, dapat juga menyetel murottal sebagai salah satu media pengantar tidur anak.

4.       Ayun

Gerakan ayunan yang nyaman juga cukup ampuh untuk membuat bayi tidur cepat. Namun, ada beberapa hal  penting yang perlu diperhatikan saat menidurkan bayi dengan menggunakan ayunan yaitu ikatan tali, pastikan kuat dan aman untuk mencegah jatuhnya bayi dari ayunan.

5.       Gendong

Menggendong bayi sudah menjadi aktivitas harian orang tua ketika memiliki bayi. Ada berbagai macam jenis gendongan yang ada saat ini seperti jarik atau gendongan praktis dari bahan kaos. Saat menidurkan bayi menggunakan gendongan, usahakan membuat bayi dalam keadaan atau posisi yang nyaman. Hal ini akan sangat membantu bayi agar ia tertidur pulas. Ketahui bagaimana cara menggendong bayi  yang baik dan benar, agar ketika anda menggendong, ia tidak merasa sakit atau gelisah.

6.       Ajak Jalan

Adakalanya bayi merasa bosan sehingga ia perlu diajak keluar rumah atau jalan-jalan. Cobalah mengajaknya berjalan keluar sambil digendong atau bisa juga menggunakan motor. Suasana yang sejuk dan berangin bisa jadi membuat bayi cepat tertidur.

7.       Tidur Bersama Sambil Menyusui

Jika bayi anda merupakan tipe yang mudah tidur, anda cukup mengajaknya tidur bersama saat ia sudah terlihat mengantuk. Tidur bersama sambil menyusui serta memeluknya dapat membangkitkan hormon relaksasi sehingga ketika bayi tidur, ibu juga dapat tidur dengan santai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website