nonton

Pernahkah kamu merasakan setir mobil yang terasa berat dan mobil yang susah dikendalikan, kalo hal itu kamu alami segeralah melakukan Spooring Mobil. Kaki mobil merupakan faktor penunjang kenyamanan berkendara. Harus dilakukan perawatan rutin secara berkala dengan melakukan spooring dan balancing.

Spooring Mobil

Proses spooring dan balancing biasanya dianjurkan dilakukan secara rutin, paling tidak ketika kilometer mobil telah mencapai 20.000 km. Namun jika mobil tersebut sering digunakan melewati jalanan yang rusak maka tentu saja harus dilakukan lebih cepatm sekitar 10 ribu km. Langkah perawatan ini memang diperuntukkan agar dapat menjaga keselamatan serta kenyamanan di saat berkendara.

Jangan dianggap remeh, keseimbangan antara ban dan kemudi perlu diperhatikan, karena bisa memicu peristiwa yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan berkendara. Nah bagi kamu yang belum tahu kapan Spooring Mobil harus dilakukan, simak artikel berikut ini.

Spooring Mobil harus dilakukan saat :

  1. Kemudi Terasa Berat

Salah satu tanda paling mudah dikenali adalah saat kemudi terasa sangat berat. Kondisi kemudi yang berat ini biasanya disebbakan karena setir condong ke arah kanan atau kiri. Namun hal yang paling parah lainnya adalah kondisi setir yang tidak dapat berputar kembali ke posisi awal ketika dibelokkan. Ciri lainnya yang dapat terlihat adalah kondisi setir yang terasa membelok sendiri padahal kondisi jalanan sedang lurus.

  1. Setir Bergetar

Tanda selanjutnya mobil kamu harus segera di Spooring adalah setir yang bergetar pada kecepatan tertentu. Getaran pada setir ini biasanya hingga mencapai ke posisi penumpang yang ada di belakang bahkan disertai dengan bunyi bunyi yang berasal dari ban yang tidak seimbang. Jika dibiarkan terus menerus maka tentu saja menyebabkan ban menjadi cepat gundul.

  1. Mobil Tidak Lurus Saat Dijalan

Ciri ciri lainnya ketika mobil harus segera di spooring adalah ketika mobil tiba tiba berjalan miring, padahal kondisi setir dalam keadaan lurus. Selain itu, sering kali bergerak ke arah-arah tertentu yang berbeda dari arah setir. Tentu saja jika hal ini terjadi pada mobil anda, maka mau tidak mau anda harus segera membawanya ke bengkel untuk diperbaiki lebih lanjut. Jika tidak tentu saja nantinya akan membahayakan keamanan dan keselamatan anda saat berkendara.

  1. Ban Yang Tidak Sama

Maksud ban yang tidak sama bukanlah ukuran bannya, namun pengikisan yang terjadi pada alur ban tidak sama. Hal ini biasanya disebbakan karena salah satu dari roda mobil ataupun keduanya berjalan miring sehingga tak seluruh ban menapak ke jalanan dengan sempurna.

  1. Roda Miring Saat Parkir

Pada saat anda memarkirkan kendaraan di tempat yang datar, coba perhatikan kondisi dari roda mobil anda. Ketika roda mobil berdiri miring dan tidak lurus, maka hal ini menandakan jika mobil harus segera di spooring. Namun untuk memastikan lebih lanjut, cek kembali tekanan angin yang ada di ban mobil apakah memiliki tekanan yang sama atau tidak.

  1. Mobil Terguncang Saat Belok

Ciri ciri lainnya ketika mobil harus segera di spooring adalah saat anda merasa adanya guncangan ketika membelokkan kendaraan. Padahal kondisi jalanan yang anda lalui benar-benar mulus tidak ada kerusakan. Tentu saja ini dikarenakan kondisi mobil yang memang tidak baik dan harus segera dilakukan spooring.

  1. Roda Tidak Mengikuti Setir Mobil

Ketika kemudi berbelok, sudah sewajarnya jika roda mobil juga ikut berbelok mengikuti arah setir kemudi. Namun ketika roda susah mengikuti serta cenderung untuk lurus maka dapat dipastikan jika kondisi mobil anda memang sedang tidak baik dan harus segera di spooring.

Itulah beberapa tanda mobil kamu harus segera dilakukan Spooring. Rajin-rajinlah mencek keadaan mobil kesayangan anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dijalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website