nonton

Menjadi seorang Web Developer sekarang mempunyai masa depan yang cerah, pasalnya bayaran untuk seorang web developer terbilang tinggi diera serba digital seperti sekarang ini.  Sebenarnya web development adalah dunia yang luas, punya banyak cabang-cabang nah untuk itulah kalo mau menjadi web developer minimal kamu harus mengetahu dulu dasarnya.

Web Developer

Sebenarnya ada banyak bahasa pemrograman yang harus dipelajari seseorang jika ingin menjadi web developer, entah itu front-end ataupun back-end developer. Namun sebelum itu mempelajari dasarnya adalah hal paling penting.

Bagi kamu yang ingin menjadi web developer, ada beberapa kemampuan dasar yang minimal harus kamu ketahui dan pelajari lebih dahulu. Nah untuk itu akan kami berikan beberapa kamampuan dasar yang harus kamu ketahui untuk bisa menjadi web developer handal.

  1. HTML

HTML atau Hyper Text Transfer Protocol adalah salah satu komponen dasar yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Kalian harus bisa memahami proses apa saja yang terjadi di sisi server maupun client pada saat kita sedang membuka halaman web.

  1. HTML dan CSS

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan sebuah web. Dan dengan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS), kita dapat memformat tampilan tersebut dengan lebih mudah dan tentu saja menjadi lebih bagus.

  1. Javascript

Salah satu cara agar web menjadi lebih interaktif adalah dengan menggunakan Javasript. Dengan javasript kamu bisa membuat popup window, autocomplete, datepicker, dan banyak hal lainnya.

  1. Server Side Programing

Kalo mau membuat web yang sedang kkamu kembangkang menjadi lebih dinamis, maka Pemograman Server Side menjadi bagian yang lebih terpenting. Ada banyak bahasa pemograman yang bisa kalian pelajari mulai dari, Perl, Ruby, PHP, JSP, dan Python hingga bahasa seperti NodeJS, Haskell, Scala, dan Go. Saat ini PHP masih merupakan bahasa yang terpopuler karena mudah dipelajari dan diimplementasikan serta banyak referensi dan komunitas seputar PHP yang tersedia di internet.

  1. Database SQL

Web yang dinamis tidak akan lengkap kalo tidak bisa menyimpan data, nah untuk menyimpan data di perlukan Database Management System (DBMS). Program database populer yang bisa Anda pelajari diantaranya MySQL, PostgreSQL dan MariaDB yang bersifat Open Source atau Oracle dan Microsoft SQL Server yang merupakan aplikasi berbayar. Kegunaan DBMS anatari lain, menyimpan data user, artikel, transaksi penjualan, dan lain-lain sesuai dengan jenis aplikasi web yang dikembangan.

  1. Web Server

Web server juga merupakan kemampuan dasar yang haus dimiliki seoarang web developer. Tanpa web server, aplikasi web yang Anda buat tidak akan bisa berjalan. Web server populer yang banyak digunakan diantaranya Apache dan Nginx. Pelajarilah konfigurasi dasar web server untuk mendukung skill Anda sebagai web developer. Manfaat menguasai konfigurasi dasar tersebut diantaranya Anda bisa membuat link website Anda lebih SEO (Seach Engine Optimization) Friendly.

  1. Web Hacking

Mempelajari web hacking bisa digunakan untuk kebaikan juga, misalkan mendeteksi orang yang tak bertanggung jawab yang ingin menembus web kita. Web hacking yang minimal kamu harus pelajari adalah trik-trik web hacking seperti SQL Injection dan Cross Site Scripting (XSS).

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu pelajari lebih dahulu kalo kamu berminat menjadi web developer untuk memberikan bekal awal yang bagus agar bisa membangun web yang baik.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat belajar dan mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website