Pernah mendengar kata tom yam? Yup! Ini adalah makanan khas Thailand yang jadi primadona para wisatawan yang berkunjung. Di Indonesia Anda juga bisa menemukannya sebenarnya. Namun rasanya jelas beda. Bila Anda ke Thailand, jangan lupa sertakan asuransi perjalanan bisnis atau lainnya untuk melindungi Anda dari berbagai risiko.

Bukan apa, hanya sekedar untuk berjaga-jaga bila terjadi hal tak diinginkan selama Anda berada di luar negeri. Soal tom yam, ternyata makanan ini tak hanya digemari oleh warga lokal, lho! Wisawatan yang bahkan pertama kali mencicipinya juga menyukainya. Sebenarnya seperti apa sih tom yam ini sehingga menjadi primadona di kalangan turis?

Tom Yam

Jenis Tom Yam

Di Thailand, ada beragam jenis tom yam yang bisa Anda temukan. Salah satunya adalah Tam Yam Goong. Tom yam yang satu ini memiliki isian udang dan campuran sayuran di dalamnya. Untuk kuah, tom yam jenis ini memiliki kuah yang bening dengan rasa gurih dari udang yang sangat menonjol. Meski begitu, tetap ada juga jenis ini yang berkuah santan.

Lalu, jenis lain yang bisa Anda temukan adalah Tom Yam Gai. Ini adalah sejenis sup dengan bahan dasar utama ayam baik pada isian ataupun kuahnya. Selain diisi dengan daging ayam, tom yam jenis ini juga diisi dengan sayuran untuk menambah kelezatannya. Dijamin, bila Anda mencicipnya sekali, Anda bisa nambah ke mangkuk berikutnya!

Jenis selanjutnya adalah Tom Yam Pla. Jenis yang satu ini menggunakan bahan dasar berupa ikan sebagai bahan utama pembuatannya. Tum yam jenis ini memiliki rasa yang jauh lebih guruh dan lembut dibanding yang lain. Terlebih bila jenis ikan yang digunakan adalah jenis ikan yang masih segar.

Terakhir adalah jenis Tom Yam Talay. Jenis ini memiliki sian yang beragam. Ada yang diisi dengan ikan, cumi, udang, rumput laut dan lainnya. Ada juga yang menggunakan isian jamur sebagai bahan utamanya. Jadi, bagi Anda yang tak hobi atau alergi dengan daging dan makanan laut, tom yam jenis ini adalah pilihan yang tepat untuk dimakan.

Perkembangan Tom Yam

Sampai saat ini, tom yam bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai toko atau restoran di Thailand. Bahkan, di Indonesia pun Anda juga bisa menemukannya. Hanya saja, rasanya jelas beda bila Anda membelinya langsung di Thailand pastinya. Bila Anda berkunjung ke Thailand, jangan lupa lengkapi diri dengan asuransi perjalanan bisnis atau yang biasa.

Tujuannya tentu saja agar Anda bisa lebih aman dan nyaman saat jalan-jalan di Thailand dan mencicipi semua kuliner yang bisa Anda temukan. Bila Anda mau, Anda juga bisa membeli bumbu tom yam kemasan yang tersedia di swalayan terdekat di Thailand dalam bentuk kaleng atau botol. Dengan begitu, Anda bisa membuat sendiri di rumah nantinya.

Untu masalah harga, tom yam di Thailand dibanderol dengan harga cukup mahal per porsinya. Harga perporsi dibanderol sekitar THB 50 hingga THB 999 tergantung dari jenis tom yam yang Anda pesan. Jika dirupiahkan, harganya bisa mencapai 160 ribu rupiah per porsi.

Nah, Anda mau mencicipi makanan khas Thailand yang populer seperti tom yam? Jika iya, maka siapkan uang yang lumayan, ya! Namun, selain uang, pastikan juga diri Anda dilengkapi dengan asuransi perjalanan bisnis atau biasa saat mengunjungi negara ini. Tujuannya tentu saja agar perjalanan Anda jadi lebih menyenangkan dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website